21 December 2014

Pengertian HTML & Sejarah Singkat HTML


Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web serta menampilkan berbagai informasi yang ada di dalam sebuah website. Sebenarnya HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa markup atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai. HTML sendiri dibuat oleh kolaborasi dari Caillau TIM dengan Berners Lee Robert (kolaborasi ini sering disebut dengan "TIM Berners Lee") ketika mereka bekerja di CERN (sebuah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa, Swiss) pada tahun 1989. Bahasa ini kemudian dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya.

HTML versi 1.0
Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya (wrapping).

HTML versi 2.0
Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

HTML versi 3.0
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.

HTML versi 4.01
HTML versi 4.01 memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi hamper di segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, dan form.

XHTML versi 1.0
XHTML adalah bahasa markup penerus dan pengembangan dari HTML yang memiliki kemampuan yang kurang lebih mirip HTML, tapi dengan aturan sintaks yang lebih ketat, diluncurkan pada tahun 2000.

HTML versi 5.0
HTML5 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, Java Script dengan HTML itu sendiri. Teknologi ini diluncurkan pada tahun 2009.


Fungsi HTML
HTML telah mengubah dunia internet, kurang lebih berikut adalah fungsi utama :
  1. Membuat, mendesain, dan mengontrol tampilan dari web page (halaman web) dan isinya.
  2. Mempublikasikan dokument secara online sehingga bisa diakses seluruh dunia.
  3. Membuat online form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran dan transaksi secara online.
  4. Menambahkan object – object seperti image, audio, video dan juga java applet (aplikasi java seperti java game dll) dalam dokumen HTML.

Pengertian HTML & Sejarah Singkat HTML Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sehat Media Partner

2 komentar:

  1. Terimakasih, informasinya, sekedar merekomendasikan sebagai materi tambahan;

    Substansi :
    - Sejarah HTML
    - Pencipta HTML
    - Pengembang HTML
    - Fitur HTML
    - Tag dan Atribut HTML
    - Cara Validasi HTML

    selengkapnya,

    Pranala -> Pengantar HTML dan Sejarah Perkembangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tambah lagi wawasan saya nie berkat Agan Gatewan.

      Terima kasih sudah berkunjung Gan

      Delete

Komentar Spam, Link Aktif, dan URL Blog Takkan Muncul. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.