16 May 2010

Cara Baik Menyimpan Telur


Telur adalah sumber protein dan kaya dengan vitamin A,D,E dan vitamin B. Juga mengandung berbagai mineral seperti zinc,kalsium dan zat besi relatif rendah dalam lemak jenuh dan kalori.

Ada yang bilang ayam coklat bertelur coklat dan ayam putih bertelur putih, keduanya sama baiknya. Makin tua ayam betina, makin besar telur yang dihasilkan-Nya.

Jangan menyimpan telur berdekatan dengan makanan beraroma tajam karna kulit telur bersifat 'porous' sehingga dapat menyerap bau dari makanan lain-nya.

Jika telur sedang disimpan dalam lemari pendingin, pada saat ingin digunakan keluarkan dahulu dan biarkan mencapai suhu kamar sebelum diolah menjadi makanan.

Telur rebus tidak pecah dan bagus ??

Cara membuat agar telur tidak pecah dan bagus hasilnya setelah direbus adalah sebagai berikut :

  1. Isi panci dengan air sampai separuhnya lalu masukan telur, Pastikan seluruh telur tergenang air dan rebus dengan api kecil .
  2. Agar telur tidak retak atau pecah pada saat direbus, Masukan saringan atau kawat bulat ke dasar panci. Sehingga telur tidak bersentuhan langsung dengan dasar panci.
  3. Jangan rebus telur dengan panci almunium, Tapi gunakan panci stainless.
  4. Untuk mendapatkan telur rebus setengah matang, waktu rebus cukup 4 menit saja, Lalu keluarkan telur dari panci atau cara lainnya Rebus air hingga mendidih pada panci, setelah benar-benar mendidih angkat panci dari api dan masukan telur lalu biarkan telur tetap berada dalam panci sampai air mendingin.
  5. Untuk mendapatkan telur rebus yang matang, rebuslah telur selama 10 menit.



Cara Baik Menyimpan Telur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarifa Marwa

1 komentar:

  1. Wah, mantabs infonya. Pas banget buat ibu saya, nanti saya beritahu

    ReplyDelete

Komentar Spam, Link Aktif, dan URL Blog Takkan Muncul. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.